BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 10 November 2009

Pengalaman Menggunakan Internet

Pengalaman saya menggunakan internet sejak umur 10 tahun. Saya menggunakan internet pertama kali di Warnet (Warung Internet). Pertama kali yang saya buka adalah Google, untuk mencari informasi. Situs kedua yang saya buka adalah Yahoo. Saya membuka Yahoo untuk membuat e-mail. Selain mencari informasi saya juga bermain game di Warnet. Pada tahun 2007 di rumah saya sudah terpasang jaringan internet.Saya sangat senang karena saya tidak perlu pergi jauh – jauh untuk membuka internet. Biasanya saya membuka internet dengan Internet Explorer dan Mozila Firefox.Sekarang ini saya sering menggunakan situs pertemanan seperti facebook.

Di SMP saya belajar lebih banyak tentang internet contohnya tentang blog. Saya menggunakan internet untuk mengerjakan tugas – tugas seperti makalah dan kliping untuk mencari informasi. Contohnya saat saya kelas 8 di sekolah saya ada tugas untuk membuat karya ilmiah. Ada beberapa isi dari makalah dari internet. Walaupun sebenarnya tidak boleh mengambil dari internet. Pada kelas 9 ini saya belajar lebih banyak tentang internet seperti e-mail, milis, telnet, gopher,dll. Sekarang saya lebih paham tentang e-mail, telnet, gopher,dan milis. Menurut buku yang saya baca E-mail adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna internet dapat mengirim pesan melalui alamat elektronik di internet. Pengguna e-mail memiliki mailbox yang tersimpan pesan – pesan dari pengguna e-mail lain. Layanan e-mail terbagi menjadi dua yaitu email berbasis client seperti Outlook Express dan email berbasis web seperti Hotmail dan Yahoomail. Saya baru tahu tentang e-learning yang merupakan bentuk penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya dan dalam bentuk buku elektronik.

Manfaat internet yang saya rasakan cukup banyak seperti dapat mencari informasi dengan mudah, mengisi waktu luang, bahan – bahan untuk tugas, dan mencari teman. Sekarang ini saya sering membuka internet lewat handphone daripada di computer karena jaringan computer di rumah saya sedang rusak. Dengan adanya internet saya dapat mengisi waktu kosong biasanya saya membuka internet di perjalanan dengan handphone dan di rumah setelah pulang sekolah dan saat liburan bila tidak pergi ke mana – mana. Dengan internet saya lebih mudah mengerjakan tugas seperti kliping dan makalah. Biasanya dengan mencari di internet penjelasannya lebih lengkap. Di internet biasanya saya mencari informasi tentang jadwal ditanyangkannya film di bioskop, produk keluaran terbaru seperti baju & sepatu,dan juga mencari tentang cerita komik terbaru.

Menurut saya bertukar informasi di internet bisa dibilang aman dan bisa dibilang tidak aman. Apalagi dengan menggukan e-banking kita harus berhati – hati, lebih baik menggunakan computer atau laptop pribadi. Bila kita memilki facebook atau semacamnya jangan terlalu terbuka tentang identitas kita, juga kita harus berhati – hati karena banyak e-mail yang tidak jelas,yang ternyata sebuah virus. Kita juga harus berhati – hati dalam membeli barang di internet karena bisa – bisa kita sudah membayar barangnya ,tetapi setelah beberapa hari barang tersebut tidak terkirim ke rumah kita.

0 komentar: